Pages

SELAMAT DATANG KAWAN-KAWAN SAYA UCAPKAN-IKUTI TERUS YA INFO2 TERBARU YANG SAYA DAPATKAN

Promosi Gratis Yuk!


Kalau bisa gratis, ngapain bayar? Masalah klasik bagi pebisnis saat memulai usahanya adalah dana promosi yang terbatas. Bikin flyer, kayaknya bertentangan dengan gerakan go green. Membuang kertas (plus hasilnya juga sulit diukur). Pasang iklan di koran, alamak mahalnya!

Hadirnya sosial media seperti Facebook, Twitter, Blog, Youtube, Linked in dan sejenisnya bak hembusan angin segar di tengah tipisnya dana untuk berpromosi. Dengan jumlah anggota Facebook sebanyak 800 juta orang yang tersebar di seluruh dunia, bisa dibayangkan betapa besar potensinya!

Ada beberapa cara sederhana bila Anda ingin berpromosi di sosial media. Berikut beberapa cara favorit yang bisa kita bahas bersama-sama

  1. Facebook Pages (facebook.com)
    Facebook Pages atau yang dulunya sering disebut Fanpage bisa dibuat oleh siapa saja secara gratis. Proses pembuatannya simpel kok. Keuntungannya? Mungkin hampir setiap hari Anda melihat foto penjual di FB yang men-tag barang dagangannya ke salah satu teman Anda. Bila 1 orang yang dia tag foto tadi memiliki 1.000 orang teman, maka bayangkan bila dia men-tag 10 orang di foto tersebut. Kemungkinan iklannya dilihat oleh 10 ribu orang dalam sehari sangat menggiurkan! Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Zero! Hanya waktu juga konsistensi dalam berpromosi dan menjawab pertanyaan. Bila Anda memiliki dana untuk promosi, boleh-boleh saja memasang iklan di FB agar jumlah member di Page Anda cepat bertambah.

  2. Blog (wordpress.com)
    Dibanding Facebook Page, Blog lebih disukai untuk menampilkan barang dagangan dengan lebih teratur. Ini bisa jadi pilihan kalau Anda tidak ingin membeli domain dan membuat situs sendiri. Bila Anda menjalankan usaha kecil yang fokus pada sales dibanding branding, tak perlu terlalu payah mengeluarkan uang banyak untuk membuat situs sendiri.
    Namun, proses promosi di jejaring blog tidak semudah di FB Pages karena jaringan FB yang memang sangat kuat. Blog seperti WordPress.com atau Blogger.com lebih tertutup dalam hal promosi. Bisa jadi karena blog memang berasal dari Web Log, jadi awalnya dibuat untuk keperluan log alias simpan data dibanding untuk jejaring.
    Satu buah blog yang berganti baju menjadi market place alias tempat belanja adalah Multiply.com. Melihat potensi yang ada dan banyak pedagang yang berjualan di sana, mereka pun fokus untuk memudahkan orang berbelanja di sana. Semua proses gratis dan tidak ribet. Orang senang berjualan di Multiply sebab mereka bisa melihat siapa saja yang sudah berkunjung ke halaman mereka. Jadi mereka gampang mem-follow up peminat mereka tersebut.

  3. Twitter (twitter.com)
    Nah, ini nih yang sedang ramai sekali dibicarakan orang. Mau tahu kenapa Twitter spesial? Karena sifat Twitter yang sangat sederhana dan live. Maksudnya live adalah real time. Misal, Anda sedang makan di restoran enak, Anda bisa twit “Oi lemak nian pempek si Api ini. Lokasinyo di Balarajo.” Jadi Anda bisa menyampaikan plus menerima informasi secara cepat, seketika.
    Twitter dibatasi hanya 140 karakter, jadi orang harus pintar-pintar menyusun kata-katanya. Anda pun bisa menggunakan fitur search-nya untuk mencari orang-orang yang memang berminat dengan produk Anda. Misal; Anda tahu minggu depan Persija akan bertanding dengan Persib, dan ingin menjual kaos bola. Anda search saja di Twiiter: “Persija”, “Persib”, “Pertandingan Bola” dan kata-kata lain yang relevan. Saat Anda temukan fans klub bola yang nge-twit tentang tim favoritnya, Anda tawarkan saja kaos dagangan Anda. Lebih bagus lagi kalau Anda bisa foto dagangannya, lalu sertakan di twit Anda.
    Misal, @swijaya nge-twit “Nggak sabar pengen nonton pertandingan Persib minggu depan!”. Anda search Persib dan menemukan twit tadi. Anda balas saja dengan me-mention dia “@swijaya bro suka Persib juga? Saya ada kaos keren nih! Minat gak? Murah banget! *masukkan foto kaosnya*.” Gampang sekali kan?

    Banyak cara untuk bisa berpromosi dengan biaya Rp 0. Yang penting Anda kreatif, tidak segan belajar hal-hal baru, dan konsisten dalam berpromosi agar hasil yang didapatkan sesuai.

7 Tip cerdas promosi di Social Media

  1. Pilih nama profil yang gampang diingat, unik. Tak selamanya harus nama perusahaan.
  2. Sering update & posting hal-hal yang menarik, lucu, atau bermanfaat agar memancing pembicaraan. Jadi, tidak harus melulu tentang dagangan, sebab orang pasti akan jenuh!
  3. Kualitas foto barang dagangan yang ditampilkan harus benar-benar bagus. Jadi orang senang melihatnya.
  4. Berikan info yang lengkap tentang barang dagangan dan cara menghubungi Anda.
  5. Mengerti sifat masing-masing social media yang berbeda, jadi bisa memanfaatkan kelebihan-kelebihannya. Misal, jangan tulis “artikel” di tweet dengan menggunakan twitlonger. Orang malas membacanya!
  6. Gunakan gaya bahasa yang santun dan menyenangkan agar orang tidak segan berkomunikasi dengan Anda.
  7. Gunakan gaya bahasa digital yang membuat calon pembeli dunia maya merasa Anda mengerti "gaya bahasa" dia. Misal, guanakan ": )" Di akhir kalimat agar terlihat bersahabat. "-.-" untuk efek-efek gundah, atau o.O untuk terlihat heran. Intinya, kreatifitas Anda bisa menarik mereka untuk berbisnis dengan Anda. Kedekatan emosional penting, karena di dunia maya Anda tidak dapat “bertemu langsung” layaknya di toko atau dunia nyata.

0 komentar:

KAWAN-KAWAN BAGI YANG INGIN DIMUAT IKLANNYA ATAU MENGUMUMKAN ACARA UNTUK EVENT SILAHKAN KIRIM MATERI KE:fj.amuk@yahoo.co.id(UNTUK BIAYA SUKARELA SILAHKAN KIRIM DONASI KONFIRMASI VIA Email)IKLAN AKAN KAMI TAYANGKAN TIGA BULAN